aku dan keluargaku


Satuan Pendidikan: Sekolah Dasar
Kelas/Semester: I/I
Mata Pelajaran: IPS
SK:
1. Memahami identitas diri dan keluarga, serta sikap saling menghormati dalam kemajemukan keluarga.
KD:
1.1 Mengidentifikasi identitas diri, keluarga, dan kerabat

aku dan keluargaku

a. aku

namaku


nama lengkapku
guntur adi pratama
nama panggilanku adi
aku lahir di bandung
tanggal satu juni
tahun dua ribu satu
aku suka menggambar
aku juga suka bernyanyi
aku senang berteman
dengan siapa saja

alamat rumahku

ini rumah adi
adi tinggal
dengan ayah ibu dan adik
alamat rumah adi
desa makmur sejati
rt nol lima rw nol tiga
kelurahan kalisari
kecamatan kalijati
kabupaten bandung

b. keluarga dan kerabatku


lihat
ini foto keluargaku
ada ayah ibu aku dan adik
nama ayahku sumarna
nama ibuku yanti
adikku bernama tini
aku sayang
ayah ibu dan adik
jika sore hari
kami berkumpul di ruang keluarga
kami saling bercerita
aku suka cerita tentang sekolahku

kerabat atau anggota keluarga lainnya
keluarga adi punya kerabat
kerabat adalah sanak saudara
kerabat punya hubungan
yang dekat dengan keluarga
siapa saja kerabat keluarga adi
adi punya kakek dan nenek
kakek adi ada dua
kakek adi bernama
kakek ilham dan kakek karta
nenek adi juga ada dua
nenek ami dan nenek tati namanya
apa sebabnya
adi punya dua kakek
dan dua nenek

kakek ilham dan nenek ami
adalah orang tua ayah adi
umur kakek ilham
lima puluh delapan tahun
nenek ami lima puluh tiga tahun



kakek karta dan nenek tati
adalah orang tua ibu adi
umur kakek karta
lima puluh lima tahun
nenek tati
lima puluh empat tahun
ayah adi punya adik laki laki
adi memanggilnya paman tatang
istri paman tatang
bernama fatimah
adi memanggilnya
bibi Fatimah

ibu adi juga
punya adik perempuan
bibi rani namanya
suami bibi rani adalah
paman yusuf
saudara sepupu adalah
anak paman dan bibi
adi tini bagus dan ratih
saling menyayangibibi adalah
adik perempuan ayah atau ibu

bibi rani dan paman yusuf
punya dua anak
bagus dan ratih nama mereka
bagus dan ratih
saudara sepupu adi







Sumber Belajar: Hernawan, Edi. 2008. Ilmu Pengetahuan Sosial 1: untuk SD dan MI Kelas. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional



Silahkan klik DOWNLOAD untuk mendownload materi
DOWNLOAD

atau klik link di bawah 
ini untuk melihat soal EVALUASI atau atau mengerjakan SOAL ONLINE....
EVALUASI
SOAL ONLINE









No comments

Powered by Blogger.