PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK




Mata Pelajaran
:
Matematika, PKK, SBK
Tema
:
Diri Sendiri
Sub Tema
:
Identitasku
Kelas/ Semester
:
1/1
Alokasi Waktu
:
5 X 35 menit
Hari/ Tanggal
:
Kamis, 18 Juli 2013

Standar Kompetensi
:
1.      Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 10
1.      Mengapresiasikan Karya Seni
Kompetensi Dasa
:
1.1.Membilang Banyak Benda
1.1.Mengidenifikasi unsur rupa pada benda di alam sekitar
Indikator
:
-          Membilang atau menghitung secara urut
-          Mengelompokan identifikasi bangun ukuran rupa pada hasil karya dua dimensi
Nilai karakter yang ditanamkan jujur dan tanggung jawab

I.                   Tujuan Pembelajaran.
1.      Siswa dapat melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 10
2.      Siswa dapat mengelompokan beragam ukuran rupa pada hasil karya dua dimensi
II.                Materi Ajar ( Materi Pokok)
1.      Matematika
·         Operasi hitung bilangan sampai 1 – 10
2.      SBK
·         Berbagai jenis ukuran unsur rupa pada hasil karya dua dimensi pada benda.
III.             Metode / Pendekatan
Metode:
·         Tanya Jawab,
·         Diskusi,
·         Demonstrasi

Pendekatan :
·      PAKEM
·      Tematik
IV.             Kegitan Pembelajaran
1.      Kegitan pendahuluan
·         Apersepsi
·         Guru meyampaikan tujuan pembelajara yang akan dicapai.
2.      Kegiatan inti
·         Siswa memperhatikan penjelasan guru tetang cara memperkenalka diri serta dengan Tanya Jawab.
·         Siswa mendegar, pejelasan, guru dengan tekun.
·         Siswa bersama guru menghitung jumlah jari mereka masing-masing.
·         Siswa secara bergatian melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan 1-10 dipapan tulis.
·         Guru memberikan tugas pada siswa
·         Siswa mengerjakan tugas dari guru.
·         Guru dan siswa membahas hasil kerjanya
·         Siswa bersama guru mengelompokan idenetifikasi beragam ukuran rupa pada hasil karya dua dimensi
3.      Kegiatan Penutup
·         Guru bersama murid menyimpulkan pembelajaran
·         Siswa megerjakan soal evaluasi
·         Pembahasan dan koreksi jawaban soal evaluasi.
·         Siswa dan guru merefleksikan pembelajara yang telah dilaksanakan.
·         Guru menyampaikan renca pertemuan berikutya.
V.                Alat dan sumber belajar
Alat/ Media         : Gambar penujang
Sumber Belajar   : Buku matematika Kelas 1 BSE
Buku SBK Kelas 1 BSE
VI.             Penilaian Pembelajaran
Matematika
1.      2 + 3 =....
2.      3 + 4 =....
3.      2 + 5 =....
4.      4 + 4 =....
5.      5 + 5 =....
6.      5 - 3 =....
7.      6 - 4 =....
8.      7 - 3 =....
9.      8 - 4 =....
10.  10 - 5 =....


SBK: Kebijaksanaan Guru



Mengetahui
Kepala Sekolah




SUPRAPTI. A. Ma. Pd
NIP 19540123 197512 2 001
Mengetahui
Kepala Sekolah




KIRMAN. S. Pd
NIP 19581220 198201 1 005


·          


Ditulis Oleh : Endri Agus // November 01, 2013
Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar

 

VISITE

BANTU KAMI BERKEMBANG

BANTU KAMI BERKEMBANG
BTC : 13ExC1PxYaEEa5EpMrcby91wv8cZ9bSF6N
Diberdayakan oleh Blogger.