METAMORFOSIS SEMPURNA DAN METAMORFOSIS TIDAK SEMPURNA


Oleh: Endri Agus N


A.    Metamorfosis.
Metamorfosis adalah Perubahan bentuk pada makhluk hidup selama hidupnya. Metamorfosis dibedakan menjadi dua sebagai berikut :
  1. Metamorfosis sempurna, artinya bentuk sebelum dewasa dan sesudah dewasa berbeda. Misalnya kupu-kupu, katak dan lalat.
  2. Metamorfosis tidak sempurna, artinya bentuk sebelum dewasa dan sesudah dewasa sama. Misalnya belalang, kecoa.
1. Metamorfosis sempurna
Hewan yang mengalami metamorfosis sempurna adalah kupu-kupu, katak dan lalat.
Kupu-kupu
 Katak
Lalat
http://web.ipb.ac.id/%7Ephidayat/entomologi/Gambar/holometabola%201.jpg
http://4.bp.blogspot.com/-OtZ_sQcOJqw/T219HSlsItI/AAAAAAAAAzs/SpKVzfuA5qA/s1600/katak+1.png
http://4.bp.blogspot.com/-cp_QJxrNxbI/T219sl6VgWI/AAAAAAAAAz0/4a2zzsVU_5o/s400/lalat.png
Telur  - ulat  - kepompong - kupu kupu
Telur - berudu - berudu berekor - katak muda - katak dewasa
Telur - belatung - pupa - lalat dewasa


a.      Daur Hidup Kupu-kupu
     Daur hidup kupu-kupu dimulai dari telur. Telur kupu-kupu biasanya berada pada permukaan daun. Telur menetas menjadi ulat.Ulat mempertahankan hidupnya dengan makan dedaunan. Selama berhari-hari, ulat makan. Akan tetapi, lama-kelamaan ulat makin sedikit makan. Demikian pula, gerakan ulat makin lama makin lambat. Akhirnya, ulat berhenti makan dan tampak tidak bergerak. Walaupun tidak makan dan tampak tidak bergerak, ulat itu tidak mati.Ulat segera membuat sarang dari air liurnya. Air liurnya mengeras dan membentuk semacam benang sutera.

     Benang-benang itu melekat pada daun atau batang. Akhirnya, benang-benang itu menutup selurh tubuh ulat. Keadaan ulat yang terbungkus dalam sarang benang itu disebut kepompong.Selama masa kepompong, ulat berubah menjadi kppu-kupk. Masa kepompong berlangsung selama berhari-hari. Jika telah berubah secara sempurna, kupu-kupu keluar dari kepompong.Kupu-kupu hidup dengan memakan nektar ( madu) yang ada dalam bunga. Kupu-kupu dewasa berkembangbiak dengan bertelur. Dari telur ini daur hidup kupu-kupu yang baru dimulai lagi.
b.      Daur Hidup Katak
     Katak merupakan hewan amfibi, yaitu hewan yang hidup di darat dan air. Sepanjang hidupnya, katak hidup di dua alam. Katak tidak dapat bertahan hidup jika tinggal di air saja atau di darat saja. Daur hidup katak dimulai dari telur. Telur katak berada di air. Telur menetas menjadi kecebong (berudu). Bentuk kecebong seperti ikan. Kecebong hidup dan tumbuh di air. Kecebong bernafas dengan insang.Kemudian, pada kecebong tumbuh sepasang kaki belakangdan disusul sepasang kaki depan.
     Kecebong berubah menjadi katak berekor. Semakin lama, ekor katak semakin mengkerut. Katak berekor tumbuh dan berubah menjadi katak muda. Akhirnya, ekor katak menghilang.Katak muda berubah menjadi katak dewasa yang tidak berekor. Katak dewasa bernapas dengan paru-paru dan kulit. Katak dewasa hidup di air dan di darat. Katak dewasa bertelur di air. Dari sini, mulailah telur katak menjalani daur hidupnya.

c.       Daur Hidup Lalat
     Daur hidup lalat dimulai dari telur. Telur lalat biasanya berada di tempat-tempat yang kotor, misalnya di atas timbunan sampah dan kotora. Telur meneras menjadi belatung. Bentuk belatung seperti cacing kecil.Belatung bergerak dan merayap mencari makanannya. Belatung paling banyak berada di tempat sampah dan kotoran. Telur menetas menjadi belatung.
     Bentuk belatung seperti cacing kecil. Belatung bergerak dan merayap mencari makanannya. Belatung paling banyak berada di tempat kotor dan bau.Kemudian, belatung tumbuh dan berubah menjadi pupa. Pupa tidak bergerak. Pupa menempel di tempat kotor.Setelah beberapa hari, pupa berubah menjadii lalat. Lalat terbang dan mencari makan di tempat kotor. Lalat dewasa bertelur di tempat itu juga. Dari telur ini, daur hidup lalat baru dimulai lagi.
2.  Metamorfosis tidak sempurna
Hewan yang mengalami metamorphosis tidak  sempurna adalah belalang, kecoa.
a. Belalang
b. Kecoa
Telur-Nimfa-Nimfa-Nimfa-Nimfa-Dewasa- Betina bertelur
Telur - nimfa -
 kecoa dewasa

a. Belalang
     Metamorfosis pada belalang  diawali dari telur. Telur akan menetas menjadi nimfa. Nimfa merupakan stadium atau fase (tahap) antara telur dan dewasa. Namfa berbeda dengan bentuk dewasa karena ukurannya lebih kecil. Nimfa mengalami proses pertumbuhan dengan cara mengalami pergantian kulit terus menerus yang disebut : ekdisis. Wujud serangga diantara dua masa pergantian kulit disebut instar. Tahapan terakhir dalam metamorfosis dinamakan : imago.
b.      Daur Hidup kecoak
     Daur hidup kecoak dimulai dari telur. Telur kecoak menetas menjadi lipas muda. Bentuk kecoak muda mirip dengan kecoak dewasa. Bedanya kecoak muda tidak bersayap.Kecoak mudah tumbuh dan berubah menjadi kecoak dewasa. Kecoak tidak melalui tahap pupa. Oleh karena itu, perubahan atau metamorfosis kecoak merupakan metamorfosis tidak sempurna (lengkap).Kecoak dewasa memiliki sayap. Kecoak dapat terbang. Kecoak dewasa bertelur di air kotor. Dari sini, daur hidup kecoak baru dimulai lagi.























  

DAFTAR PUSTAKA







Suhar tanti, Dwi danSusantiningsih.2010. Pendidikan Ilmu Pengetahuan
Alam Kelas IV. Jakarta: Pusat perbukuan, Kementrian Pendidikan Nasional.

http://mahfiraleilysylraini.blogspot.com/2011/03/metamorfosis.html

http://sudarnitapasaribu.blogspot.com/p/daur-hidup-hewan_30.html


Ditulis Oleh : Endri Agus // Desember 10, 2012
Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar

 

VISITE

Diberdayakan oleh Blogger.